Wednesday , 19 May 2021
Home / WARTA DESA / Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Tanjung
Pelatihan Pengelolaan BUMDESA di Balai Kantor Desa Tanjung

Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Tanjung

Pelatihan Pengelolaan Bumdes yang dihadiri oleh peserta BUMDes Tanjung Bahari, Jumat (26/02/2021) bertempat di Balai Kantor Desa Tanjung.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Kasi Bina Lembaga dan Usaha Ekonomi Masyarakat, Suryati Widyastuti, SP, Kasi PMD Kecamatan, Hasbullah, S.Sos turut hadir juga Babinsa, BPD, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa, Adi Candra dan peserta terdiri dari Kepala Desa dan Pengurus Bumdes.

Tujuan utama sudah pasti memberikan pemahaman pentingnya membangun BUMDes, karena sangat menguntungkan bagi warga desa. Mulai diajarkan untuk menyusun AD/ART, SOP BUMDes dan juga Peraturan Desa (Perdes), sehingga BUMDes memiliki landasan hukum yang kuat.

Mengajarkan tahapan serta alur pendirian dan pembentukan BUMDes, memberikan pemahaman pengelolaan dan cara mengembangkan BUMDes. Memberikan pelajaran bagaimana pengelolaan keuangan, mulai dari tata kelola usaha hingga perhitungan hasil. Memberikan Informasi bagaimana penyusunan laporan pertanggungjawaban (LPJ) BUMDes.

Wan Budjang Hairani selaku Kades sampaikan kepada peserta pelatihan ikuti acara sampai dengan selesai, ambil ilmunya dan terapkan dilapangan guna meraih kemajuan sebuah Desa melalui BUMDes yang berkembang secara mandiri untuk masyarakat Desa Tanjung. Setelah pelatihan diharapkan semua peserta yang terlibat di BUMDes jangan sampai memundurkan diri lagi seperti pengurus sebelumnya. Pemerintah Desa dukung program-program yang akan diwacanakan dimassa akan datang, guna untuk kemajuan sebuah Desa melalui BUMDes yang Cerdas dan Mandiri.

Mat Nawawi (Ketua BUMDes) telah menerima beberapa aset  dari Desa diantaranya : 1. Pelabuhan; 2. Jasa Tenda; dan 3. Air Bersih. ia berharap pemerintah Desa bantu dari segi keuangan untuk mengelola dan menjalankan program-program yang sudah diwacanakan bersama Unit Usaha sesuai dengan bidang masing-masing. 

sebagai penutup oleh Kadarman (Sekdes) meyakini bahwa pengurus BUMDes Tanjung Bahari yang baru ini mampu dan bisa bersaing dengan BUMDes lainnya. usai pelatihan ini diharapkan semua unit usaha mulailah bekerja sesuai dengan kemampuannya masing-masing dengan tujuan menjadi BUMDes yang mandiri, maju dan pola administrasi yang bagus untuk kesejahteraan masyarakat Desa Tanjung. 

 

About adminweb

Check Also

( Kades Tanjung, Wan Budjang Hairani foto bersama Kepala sekolah pada saat penyerahan alat kesehatan. foto/Ari ))

BANTU TANGANI COVID-19, KADES TANJUNG SALURKAN BANTUAN ALKES KE SEKOLAH

Tanjung – Wan Budjang Hairani ( Kades ) Desa Tanjung  menyerahkan bantuan alat kesehatan ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *