Saturday , 6 June 2020
Home / WARTA DESA / Kades Tanjung Sediakan Rumah Karantina bagi Pemudik
Kades bersama Relawan Desa Covid-19 siaga penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Kades Tanjung Sediakan Rumah Karantina bagi Pemudik

TANJUNG – Pemerintah Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, telah menyiapkan satu rumah karantina bagi para pendatang, Pelajar maupun pemudik yang baru datang dari luar daerah. Mereka yang berkunjung maupun pulang ke wilayah Desa Tanjung diwajibkan mengkarantina diri selama 14 hari di rumah karantina tersebut.

Tidak hanya menyediakan APD dan tempatnya, namun pemerintah desa setempat melalui relawan desa lawan Covid-19 tingkat desa juga menjamin kebutuhan hidup pendatang dan pemudik selama dalam proses karantina. “Konsumsi dan makanan ditanggung oleh pemerintah setempat sehari tiga kali makan. Kesehatan mereka juga dipantau tiap saat selama dikarantina,” kata Kepala Desa Tanjung, Wan Budjang Hairani, Senin (20/04/2020).

Salah satu rumah karantina yang sudah terisi adalah gedung posyandu,bagian depan terlihat Teras,bagian dalam terdapat ruang tamu, ruang tengah, dapur, makan, tiga kamar tidur dan satu WC. Gedung itu cukup jauh dari pemukiman warga, justru tidak jauh dari Puskesmas Kecamatan.

Ariyanto mengatakan gedung itu untuk sementara digunakan sebagai tempat karantina selama masa pandemi Corona, terutama bagi pelajar, pemudik dan pendatang. Selanjutnya kriteria yang pelaar, pendatang dan pemudik yang perlu di karantina adalah jika lokasi tujuan terdapat orang yang rentan seperti balita, lansia, ada keluarga yang sakit stroke, diabetes, darah tinggi, atau tuberkulosis, serta ada warga yang mendapat penolakan dari masyarakat setempat.

Sejak disediakan tempat karantina, sudah terdapat tiga Pelajar yang  masuk di rumah Karantina:

1. Asmita, Sepempang |01-07-1999| Ismail ( Orang Tua )
2. Khenendra, Tanjung |19-08-2003| Mustafa ( Orang Tua )
3. Indri Achen, Tanjung |18-08-2001| Mustafa ( Orang Tua )

Selama dikarantina ketiga anak tersebut mendapat pelayanan yang baik, mulai dari pola makan sehat tiga kali sehari, petugas relawan desa covid-19 dan pelayanan peninjauan kesehatan dari peskesmas setempat.

 

About adminweb

Check Also

Baca Perilaku Tiga Mahasiswa Dirumah Karantina, Kades Tanjung Hadirkan Ahli Psikolog

Tanjung – Wan Budjang Hairani (Kades) hadirkan seorang ahli Psikolog dari dinas Sosial, Sumarni, S.Psi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *